ELISITAS KEBUTUHAN DAN PEMBUATAN PROGRAM - andyusuf-informatika

New Post

Minggu, 12 Agustus 2018

ELISITAS KEBUTUHAN DAN PEMBUATAN PROGRAM



Konsep kebutuhan 
Kebutuhan(requirement) adalah sifat-sifat dari sistem atau produk yang akan dikembangkan sesuai dengan keinginan pelanggan. Adapun spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang baik dan sangat relevan untuk diketahui sebelum melakukan penelitian dalam bidang teknologi adalah sebagai berikut:

1. Tidak ambigu(unambiguous)

2. Komplet

3. Konsisten

4. Dapat diubah(modifiable)

5. Dapat dilacak(traceable)

6. Dapat digunakan selama pengoperasian dan pemeliharaan.

Klasifikasi kebutuhan  
=> Kebutuhan diklasifikasikan menjadi kebutuhan fungsional(functional requirement) dan kebutuhan nonfungsional(nonfunctional requirement).

1. Kebutuhan fungsional menjelaskan interaksi antara sistem dan lingkungan yang terpisah dari implementasi.

2. Kebutuhan nonfungsional merupakan aspek-aspek pengguna yang dapat dilihat pada sistem yang tidak secara langsung berhubungan dengan perilaku fungsional.



elisitasi
=> Elisitasi adalah rancangan yang dibuat berdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh peneliti untuk dieksekusi. Elisitas didapat melalui metode wawancara dan dilakukan dengan tiga tahap berikut:

1. Elisitasi tahap I

2. Elisitasi tahap II

3. Elisitasi tahap III

Elisitasi kebutuhan  
=> Elisitasi kebutuhan adalah proses untuk menemukan/mendapatkan kebutuhan-kebutuhan sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lainnya yang berhubungan dengan sistem yang akan dikembangkan.

=> Perencanaan elisitasi kebutuhan dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi pemilik kepentingan

2. Mengevaluasi risiko proyek

3. Menentukan teknik elisitasi kebutuhan yang paling sesuai untuk masing-masing pemilik dan proyek secara keseluruhan

4. Mendasarkan detail implementasi pada masing-masing teknik yang dipilih.

Pembuatan program  
=> Pada prinsipnya proposal merupakan kontrak tentang apa yang harus kita kerjakan.

1. Persiapan umum pembuatan program

=> Mengumpulkan data dan bahan pendukung

=> Mempelajari perangkat lunak yang dipakai untuk membuat sistem

=> Membuat rancangan atau bagan alir
 

2.Persiapan pembuatan tugas akhir sistem informasi

=> Tahapan sistem analisis sistem

=> Tahap desain sistem
 

3.Teknik pembuatan program

=> Membuat antarmuka

=> Mengerjakan proses

=> Mempercantik tampilan

=> Membuat analisis


Terima Kasih ....
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar