Variabel
1. Harus terdiri atas sederetan karakter Unicode yang diawali oleh karakter huruf atau garis bawah. Unicode merupakan sistem pengkodean karakter yang dapat dibaca oleh berbagai bahasa manusia. Ada maksimum 65.536 karakter yang dapat digunakan. Jika pada ASCII, kita hanya pada karakter latin, dengan Unicode kita mampu membaca karakter dengan jenis alphabet seperti, Jepang, Yunani, Cyrillic, dan Hebrew. Namun, saat ini karakter unicode yang sudah terdefinisi baru sekitar 34.168 karakter.
2. Tidak boleh sama dengan keyword
3. Harus unik dalam suatu scope
4. Bersifat case sensitive
Tipe Data
- Antara lain ….
- boolean
- byte
- char
- int
- float
- double
- long
Variabel dan Tipe Data
Operator
Operator dalam Java
Operator Aritmatika
Operator Logika
Operator Relasi
Baca juga : Static Methods
Operator Aritmatika
Operator Aritmatika dalam Java
+
-
*
/
%
Outputnya :
Outputnya :
Operator Increment & Decrement
Contoh :
++a
a++
--a
a--
Outputnya :
Operator Relasi
Antara lain :
==
!=
<
<=
>
>=
Operator Logika
Antara lain :
&&
||
!
Tabel Kebenaran: Demo
Tabel Kebenaran: Tahun Kabisat
Operator Relasi
Outputnya :
ASCII
American Standard Code for Information Interchange
7-bit, 128 karakter (000 s/d 127)
Berupa: uppercase/lowercase letters, digits, punctuation marks, dan control characters
Perkembangan lanjut dari ASCII à Unicode (terdiri dari 1,112,064 karakter)
Baca Juga : Menggambar dengan static methods
Type Casting (Conversion) cont.
ASCII karakter ‘0’ s/d ‘9’
◦‘0’ à 48
◦‘1’ à 49
◦‘9’ à 57
Konversi karakter ke bilangan à dikurangi nilai 48
Konversi bilangan ke karakter à ditambahi nilai 48
Operator
=> Assignment Conversion - Casting Conversion
Terkadang kita perlu melakukan Assignment Conversion (konversi terhadap data dari satu tipe data ketipe data yang lain), konversi harus dilakukan secara hati-hati, untuk menhindari terjadinya kehilangan data. Adapun jenis assignment conversion ini adalah
1. Widening Conversion : perubahan dilakukan dari tipe data yang kecil ketipe data yang lebih besar. Contoh :
int x = 4;
double y;
y = x; // legal y = 4.0
2. Narrowing Conversion : perubahan dilakukan dari tipe data yang besar ketipe data yang lebih kecil. Contoh :
int x;
double y=1.25;
x = y; // illegal, karena y bilangan pecahan.
=> Assignment Conversion - Casting Conversion
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan pemaksaan tipe data dengan menggunakan teknik “Casting”, yaitu dengan memberikan tipe data lain pada data yang ingin dirubah tipenya.
Contoh :
x = (int) y;
Contoh Program sbb:
1. public class TestCast {
2. public static void main(String[] args) {
3. double x = 3.99, y = 1.1e38
4. System.out.println(“(int) x = “ + (int) x);
5. System.out.println(“(int) y = “ + (int) y);
6. }
7.}
Hasil dari program diatas dbb:
(int) x = 3
(int) y = 2147483647 // nilai maksimal int, y lebih besar dari hasil
Mengubah String ke Integer Java
public class StringToInteger {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Mengubah String ke Integer");
String str = "1234";
int a = 5;
//mengubah variabel str menjadi int
int num = Integer.parseInt(str);
int b = num + a;
System.out.println(b);
}
}
public class StringToInteger {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Mengubah String ke Integer");
String str = "1234";
int a = 5;
//mengubah variabel str menjadi int
int num = getStrToInt(str);
int b = num + a;
System.out.println(b);
}
private static int getStrToInt(String n) {
return Integer.parseInt(n);
}
}
Integer ke String
public class IntegerToString {
public static void main(String[] args) {
int a = 1000;
String b = String.valueOf(a);
}
}
Konstanta
Data permanen yang tidak dapat diubah
Contoh:
◦π(PHI) = 3.14159 26535 89793 23846 26433 83279 50288 41971 69399 37510
◦g (gravitation) = 9.8
Konstanta harus dideklarasikan dan diinisialisasikan pada sebuah statement
final merupakan keyword pada Java untuk pembuatan konstanta
Deklarasi:
◦final datatype CONSTANTNAME = VALUE;
◦Contoh: final double PHI = 3.1415;
Program Inputan
Semua inputan Java diterima dalam format (type) STRING
Inputan selain String harus dikonversi terlebih dahulu.
Class yang dapat digunakan dalam inputan :
◦BufferedReader
◦DataInputStream
◦JOptionPane (swing)
getMessage() fungsi untuk menampilkan pesan error
Program Inputan (BufferedReader)
Outputnya :
Program Inputan (DataInputStream)
PROGRAM INPUT
DataInputStream adalah class java yang menangani proses pemasukan data dari input device
Variabel masukan adalah objek yang digunakan untuk menampung data yang diinputkan
readline() adalah method/fungsi untuk mengambil data dari key
Int adalah type data yang diberikan oleh user
Program Inputan (JOptionPane)
Program Inputan (DataInputStream)
Terima Kasih......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar